dibaca

Selasa, 19 April 2011

Dinkes Sulbar Sekolahkan 10 Dokter Spesialis

Mamuju  (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Dinkes Sulbar) menyekolahkan sebanyak 10 orang dokter spesialis sebagai upaya memaksimalkan pelayanan medis di wilayah itu.

Sekertaris Dinkes Provinsi Sulbar, Indahwati Nursamsi di Mamuju, Rabu, mengatakan, Dikes telah menyekolahkan sebanyak 10 orang dokter spesialis yang berasal dari lima Kabupaten di daerah tersebut.

Ke-10 orang dokter spesialis itu akan disekolahkan melalui tugas belajar di sejumlah kampus ternama, di antaranya kampus Universitas Hasanuddin Makassar dan Kampus Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Menurut dia, dokter spesialis tersebut disekolahkan pemerintah dengan menggunakan anggaran APBD yang besarnya senilai Rp250 juta untuk masing-masing dokter spesialis.

Ia mengatakan, para dokter spesialis tersebut sebelumya telah bekerja melakukan pelayanan medis kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan di sejumlah rumah sakit di Sulbar.

"Namun karena belum dianggap efektif bekerja melayani masyarakat meningkatkan kesehatan, maka kapastitasnya ditambah dengan cara disekolahkan melalui program tugas belajar,"katanya.

Menurut dia, diharapkan dengan disekolahkannya dokter spesialis itu maka pelayanan kesehatan di sejumlah Kabupaten di Sulbar dapat lebih maksimal dimasa mendatang.

Nursyamsi mengatakan, pada 2010 yang lalu Dinkes Sulbar juga telah menyekolahkan sebanyak tujuh orang dokter spesialis yang berasal dari Kabupaten Mamasa dan telah selesai melaksanakan sekolahnya.

"Mamasa adalah daerah tertinggal daerah itu sulit ditempuh karena harus melalui pegunungan sekitar 300 Km dari Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar. Masyarakat tidak tertangani medis secara maksimal karena kurangnya tenaga medis seperti dokter spesialis," katanya.

Oleh karena itu ia berharap dengan keberadaan dokter spesialis yang melayani masyarakat Mamasa yang merupakan Kabupaten paling tertinggal di Sulbar, dapat membuat pelayanan kesehatan daerah itu menjadi maksimal.

"Kita berharap pelayanan kesehatan masyarakat di Mamasa akan terus membaik dengan adanya dokter spesialis ini,"katanya. (T.KR-MFH/S019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar